Pengertian Transmission Impairment - akungene

share knowledge about all the lessons I ever learned

Pengertian Transmission Impairment

Pengertian Tranmission Impairment

Pengertian Transmission Impairment - Perjalanan sinyal melalui transmissi tidak sempurna, mengakibatkan pelemahan (impairment), artinya sinyal diawal dan sinyal akhir berbeda. Ada 3 jenis impairment :

  • Attenuation
  • Distorsi
  • Noise

Attenuation

Attenuation adalah peristiwa kehilangan energi pada sinyal berupa pengurangan amplitudo. Attenuation merupakan sebab mengapa kabel menjadi panas saat sedang digunakan, hal ini dikarenakan sebagian energi listrik dikonversi menjadi panas. Untuk mengatasi attenuation adalah dengan menggunakan amplifier
Attenuation
Untuk menyatakan bahwa suatu sinyal mengalami penguatan (gain) atau pengurangan (lost) maka digunakan konsep desibel (dB). Desibel dapat digunakan untuk mengukur kekuatan relatif 2 sinyal dan kekuatan relatif 1 sinyal pada 2 titik. Desibel (dB) bernilai negatif (-) jika terjadi attenuation, dan Desibel (dB) akan bernilai positif (+) jika terjadi penguatan. Rumus untuk menghitung desibel (db) :
dB = 10 log 10 (P2/P1)
keterangan : P2 adalah output, P1 adalah input


Distorsi

Distorsi merupakan bentuk atau ketajaman (shape) pada sinyal. Distorsi terjadi pada sinyal komposit sebagai akibat dari perbedaan frekuensi pada sinyal tersebut. Sinyal komposit adalah sinyal yang terdiri dari berbagai macam komponen. Tiap komponen sinyal memiliki kecepatan propagasi yang berbeda yang memungkinkan terjadi delay pada destination (tujuan). Delay tersebut yang selanjutnya disebut sebagai distorsi.
Distorsi


Noise

Noise merupakan gangguan transmissi yang diakibatkan oleh faktor dari luar transmissi sinyal tersebut. "Noise is the unwanted electromagnetic energy that interferes the wanted signal".
Noise

Contoh noise :
  • Thermal / Johnson noise
  • Induced noise
  • Crosstalk
  • Impulse noise

Thermal noise

Thermal noise merupakan gerakan acak elektron pada media transmissi yang menghasilkan sinyal tambahan yang bukan berasal dari transmitter.

Induced noise

Induced noise merupakan efek samping dari perangkat seperti motor dan transformator beserta aplikasinya. Perangkat-perangkat tersebut bekerja seperti sending antena, sedangkan media transmissi menjadi receiving antena.

Crosstalk

Crosstalk merupakan pengaruh suatu wire terhadap wire lain. Wire pertama menjadi sending antena dan wire kedua menjadi receiving antena

Impulse noise

Impulse noise merupakan sinyal dengan energi tinggi pada periode waktu yang sangat pendek. Impulse noise merupakan efek dari catu daya pencehayaan.



Sekian postingan tentang  Pengertian Tranmission Impairment. Kurang lebihnya mohon maaf.
Semoga bermanfaat...... 

Share :

Facebook Twitter Google+

Back To Top